HUKUM MENYEMIR, MENGECAT RAMBUT

assalamualaikumm sya mw tanya knp semir rambut itu tdak dprbolehkan berwarna hitam trima ksh waalaikumm slam

Jawaban :

Khoirul Fauzi Karna hukum nya haram dan tdk bersyukur atas ciptaan allah swt
Tgs Septi Mosok haram yo?
Khoirul Fauzi Iyo haram hukumnya bila merah itu sunnah
Khoirul Fauzi Iya bener bila anda tdk prcya buka kitab nsoihul ibad disitu ad ktrangan bhwa memaki semir hitam itu haram dikarnakan air wuduk tdk mnyerp ke klit
Tgs Septi Lo iku cat rambut bukan semir,masalahnya pacar rambut itu bukan cat
Faii Karena dilarang secara tegas Oleh Rasulullah dalam sebuah Hadist. Kenapa dilarang? banyak alasan spekulasi yg disampaikan para Ulama' dibalik larangan tersebut, kendaripun demikian, bukan lantas saat alasan larangan tsb tidak ada dapat menjadikan semir hitam dihukumi boleh, karena alasan sesungguhnya adalah NASH SHORIH berupa Hadist Nabi
Suka · Balas · 1 · Kemarin pukul 1:48
Tgs Septi Endi haditse?
Faii WOCO.en iki
.
ﺣﺪﻳﺚ ﺻﺤﻴﺢ ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺎﻝ : ( ﺍﺟﺘﻨﺒﻮﺍ ﺍﻟﺴﻮﺍﺩ ) ، ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻠﻔﻆ ﺍﻵﺧﺮ : ( ﻭﺟﻨﺒﻮﻩ ﺍﻟﺴﻮﺍﺩ ) ،
Tgs Septi Wis, tak woco .. Menjauhi hitam *red
Tgs Septi Pandangan Hukum menyemir rambut dengan warna hitam, menurut para ulama. 1) Makruh Menurut Mazhab Maliki, Abu Hanifah, sebagian ulama Syafi’I seperti Imam Ghazali, AL baghawi. Tapi jika Alasan menghitamkan rambut adalah bertujuan untuk menakutkan musuh di dalam peperangan, maka hukumnya adalah harus. Dalil yang dijadikan landasannya adalah a) Sabda Nabi SAW : “Tukarlah ia (warna rambut, janggut misai) dan jauhilah dari warna hitam” (Shohih Muslim) b) Berkata Ibn Umar ra : “Kekuningan pewarna para mukmin, kemerahan pewarna para Muslimin, Hitam pewarna puak Kuffar” (Riwayat At-Tobrani, Al- Haithami) c) Nabi SAW bersabda : “Barangsiapa yang mewarnakan rambutnya dengan warna hitam, nescaya Allah akan menghitamkan wajahnya di akhirat kelak” (Al-Haithami, bagaimanapun Ibn Hajar berkata seorang perawinya agak lemah, bagaimanapun rawi tersebut diterima oleh Imam Yahya Mai’en dan Imam Ahmad) 2) Haram Ini adalah pandangan Mahzab Syafi’i. Dikecualikan jika untuk jihad. Mereka berdalil dengan dalil kumpulan pertama tadi. 3) Harus tanpa makruh Yang berpendapat seperti ini adalah Imam Abu Yusuf dan Ibn Sirin Dalil mereka : a) Sabda Nabi SAW : “Sebaik-baik pewarna yang kamu gunakan adalah warna hitam ini, ia lebih digemari oleh isteri2 kamu, dan lebih dpt menakutkan musuh” b) Diriwayatakan bhw sahabat dan tabi’ein ramai juga yang mewarnakan rambut mrk dengan warna hitam. Antara Sa’ad, ‘Uqbah bin ‘Amir, Az- Zuhri dan diakui oleh Hasan Al-Basri. (Lihat Fath al-Bari, Majma’ az-Zawaid dan Tahzib al-Athar oleh At-Tabari) ...Monggo dilanjut
Tgs Septi
إعانة الطالبين الجزء الثاني صحـ 339)
وقوله بحمرة أو صفرة ) أي لا بسواد أما به فيحرم إن كان لغير إرهاب العدو في الجهاد وذلك لخبر أبي دواد والنسائي وابن حبان في صحيحه والحاكم عن ابن عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يكون قوم يخضبون في آخر الزمان بالسواد كحواصل الحمام لا يريحون رائحة الجنة قال في الزبد :
وحرموا خضاب شعر بسواد ** لرجل وامرأة لا للجهاد **
قال الرملي في شرحه نعم يجوز للمرأة ذلك بإذن زوجها أو سيدها لأن له غرضا في تزينها به اهـ

Wallahu A'lam Bisshowaaaf

https://www.facebook.com/notes/dialog-santri/hukum-menyemir-mengecat-rambut/1638305556435386