HIDUP YANG SABAR
Pengertian dan Macam-Macam Talak Dalam Islam
Pengertian dan Macam-Macam Talak Dalam Islam
Pengertian Talak akan menjadi tema pembahasan untuk artikel kali ini.
Talak secara bahasa berarti melepaskan ikatan. Dalam hukum Islam,
kata talak dimaknai sebagai memutuskan hubungan antara suami istri dari
ikatan tali pernikahan yang sah menurut syariat agama.
Talak bukanlah
sesuatu yang menyenangkan, dan dampaknya akan ditanggung seluruh
keluarga sepanjang hidup mereka.
Oleh karena itu, sebisa mungkin kata
talak dihindari, karena akan berdampak negatif terhadap seluruh keluarga
terutama bagi anak-anak. Dimanapun, anak-anak yang selalu menjadi
korban dalam berbagai kasus perceraian.
Ucapan Talak yang keluar ketika bersenda
gurau atau bercanda tetap jatuh selagi yang dipakai adalah kata talak
yang jelas. Seumpama “TALAK atau CERAI” bisa jatuh talak bila ada niat
dari suami.
فَصْلٌ يَقَعُ طَلَاقُ الْهَازِلِ وَعِتْقُهُ وَكَذَا نِكَاحُهُ وَسَائِرُ
تَصَرُّفَاتِهِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا فَلَا يُدَيَّنُ كَأَنْ قالت له في
مُعْرِضِ الدَّلَالِ أو الِاسْتِهْزَاءِ طَلِّقْنِي فقال طَلَّقْتُك
وَذَلِكَ لِأَنَّهُ أتى بِاللَّفْظِ عن قَصْدٍ وَاخْتِيَارٍ وَعَدَمُ
رِضَاهُ بِوُقُوعِهِ لِظَنِّهِ أَنَّهُ لَا يَقَعُ لَا أَثَرَ له لِخَطَأِ
ظَنِّهِ كما لَا أَثَرَ له فِيمَا لو طَلَّقَ بِشَرْطِ الْخِيَارِ له
وَلِخَبَرِ ثَلَاثٌ جَدُّهُنَّ جَدٌّ وَهَزْلُهُنَّ جَدٌّ النِّكَاحُ
وَالطَّلَاقُ وَالرَّجْعَةُ رَوَاهُ أبو دَاوُد
“Dan jatuhlah talak orang yang bersenda gurau begitu juga dengan nikah
dan setiap ‘akad pengelolaan hartanya secara lahir dan bathin maka tidak
menjadi miliknya kembali, seperti sa’at istrinya yang bertujuan
bercanda berkata “Talaklah aku..!!!” Kemudian suami menanggapi
candaannya dengan berkata “Kutalak dirimu” maka jatuhlah talaknya.Yang
demikian itu dikarenakan suami memakai bentuk kata “TALAK” yang tidak
diperlukan lagi adanya niat dan juga keadaan ikhtiyarnya (kemauannya
sendiri). Tiadalah kerelaan menjatuhkannya sesuai dengan yang dia duga
tidak berpengaruh karena dugaanya dianggap salah. Dan karena berdasarkan
hadits Rasululullah SAW “Tiga (3) hal yang apabila dikatakan dengan
sungguh-sungguh, maka dia menjadi serius dan bila dikatakan dengan
main-main, akan jadi serius pula, yaitu nikah, talak, dan rujuk.” (H.R.
Abu daud).
Macam-Macam Talak dalam Islam
1. Talak Menurut Jenisnya
1. Talak mati yaitu talak yang disebabkan karena suaminya meninggal dunia
2. Talak hidup yaitu yang dikarenakan oleh suatu sebab
3. Talak Raj’i Yaitu jenis talak dimana sang suami menjatuhkan atau melafazkan kata
talak satu atau pun talak dua. Sang suami boleh untuk rujuk kembali
dengan sang istri, asalkan sang istri masih di dalam masa iddah. Namun
bila masa iddah sudah terlampaui, maka sudah tidak diperbolehkan rujuk
kembali. Jika ingin bersatu lagi, maka harus diikat dengan akad nikah
yang baru.
4. Talak ba’in
Talak ba’in merupakan Jenis talak yang
tidak diperbolehkan untuk rujuk kembali, jika menginginkan untuk
dikawini harus dengan jalan akad nikah baru. Talak bain ada 2 macam :
- Ba’in Shughraa (ba’in kecil) adalah talak yang suami tidak dapat untuk rujuk kembali pada mantan istrinya, melainkan dengan akad dan mahar baru. Talak ba’in shughraa terjadi bagi istri yang belum didukhul, istri yang berkhuluk dengan menyerahkan ‘iwad (ganti rugi), talak yang dijatuhkan oleh Hakim, dan talak sebab ila’.
- Ba’in Kubraa (ba’in besar) Yaitu jenis talak dimana sang suami telah menjatuhkan atau melafazkan ucapan talak yang ketiga kepada sang istri. Apabila sudah sampai pada pengucapan talak ketiga, maka sang istri tidak bisa untuk dirujuk lagi oleh sang suami. Sang suami bisa menikahi istrinya kembali dengan syarat sang istri sudah menikah lagi dengan orang lain, kemudian bercerai. Jika masa iddah dari perceraian dengan suami yang kedua telah usai, maka sang suami boleh menikahinya kembali dengan akad nikah yang baru.
2. Talak Menurut Lafadznya
- Talak dengan lafal shorih (jelas) yaitu kata talak yang tidak harus disertai niat. Contoh: Seorang suami berkata kepada isterinya; “kamu saya talak” perkataan seperti ini adalah jelas. Maka tidaklah diperlukan niat. Ucapan seorang suami yang seperti ini baik bergurau, niat atau tidak ada niat tetap jatuh talak.
- Talak dengan lafal kinayah (sindiran) yaitu kata talak yang bisa jatuh jika disertai niat. Contoh: Seoarang suami berkata kepada Isterinya: “pulanglah engkau kerumah orang tuamu.” Jika suami berkata dengan sindiran, dan disertai niat, maka jatuhlah talak, tetapi jika tidak disertai niat maka tidak jatuh talak.
3. Talak Menurut Waktunya
1. Talak Sunni
Yaitu jenis talak yang dilakukan dengan
mengikuti atau berdasarkan pada petunjuk yang terdapat pada Al Qur’an
dan sunnah Nabi. Sang suami melakukan talak pada saat sang istri dalam
kondisi suci dan belum disetubuhi. Apabila sang istri sedang dalam masa
haid, maka harus menunggu sampai istrinya suci dan dalam masa suci
tersebut mereka tidak melakukan hubungan suami istri.
2. Talak Bid’iy
Yaitu talak yang dilakukan sang suami tidak mendasarkan pada petunjuk yang terdapat pada Al Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW.
Sang suami menjatuhkan atau mengucapkan kata talak pada saat istri
dalam keadaan haid, atau dalam keadaan suci namun sebelumnya mereka
pernah melakukan jima’, atau melakukan talak pada istri langsung talak
tiga. Talak semacam ini tidak dibenarkan dalam Islam dan pelakunya
berdosa.
Mayoritas ulama berpendapat, talak
bid’ah/bid’iy ini statusnya sah, dan dihitung sebagai talak satu. Namun
suami diperintahkan untuk merujuk kembali istrinya dan menahannya sampai
suci dari haid, kemudian haid lagi yang ke-2, sampai suci. Selanjutnya
terserah suami, apakah dia mau menahannya ataupun mentalaknya. Inilah
pendapat mayoritas ulama.
Syarh an Nawawiy ala Muslim juz 10 hal. 60
أجمعت
الأمة على تحريم طلاق الحائض الحائل بغير رضاها فلو طلقها أثم ووقع طلاقه
ويؤمر بالرجعة لحديث بن عمر المذكور في الباب وشذ بعض أهل الظاهر فقال لا
يقع طلاقه لأنه غير مأذون له فيه فأشبه طلاق الأجنبية والصواب الأول
وبه قال العلماء كافة ودليلهم أمره بمراجعتها ولو لم يقع لم تكن رجعة فإن
قيل المراد بالرجعة الرجعة اللغوية وهي الرد إلى حالها الأول لا أنه تحسب
عليه طلقة قلنا هذا غلط لوجهين أحدهما أن حمل اللفظ على الحقيقة الشرعية
يقدم على حمله على الحقيقة اللغوية كما تقرر في أصول الفقه الثاني ان بن
عمر صرح في روايات مسلم وغيره بأنه حسبها عليه طلقة والله أعلم وأجمعوا على
أنه إذا طلقها يؤمر برجعتها كما ذكرنا وهذه الرجعة مستحبة لا واجبة وآخرون
هذا مذهبنا وبه قال الأوزاعي وأبو حنيفة وسائر الكوفيين وأحمد وفقهاء
المحدثين وآخرون وقال مالك وأصحابه هي واجبة فإن قيل ففي حديث بن عمر هذا
أنه أمر بالرجعة ثم بتأخير الطلاق إلى طهر بعد الطهر الذي يلي هذا الحيض
فما فائدة التأخير
Kifayatul Akhyar juz 1 hal. 392
وأما
طلاق البدعة فهو أن يطلقها في الحيض مختارا وهي ممن تعتد بالأقراء من غير
عوض من جهتها أو يطلقها في طهر جامعها فيه بلا عوض منها وهي ممن يجوز أن
تحبل ولم يتحقق حملها ودليله حديث ابن عمر وادعى الإمام الإجماع عليه
والحكمة
في ذلك أن الطلاق في الحيض يطول عليها العدة لأن بقية الحيض لا يحسب من
العدة وفيه إضرار بها وأما الطلاق في الطهر الذي جامعها فيه فلأنه ربما
يعقبه ندم عند ظهور الحمل فإن الإنسان قد يطلق الحائل دون الحامل وإذا ندم
فقد لا يتيسر التدارك فيتضرر الولد والله أعلم
Hasyiyah al Jamal juz 4 hal. 360
والبدعي
حرام) للنهي عنه والعبرة في الطلاق المنجز بوقته وفي المعلق بوقت وجود
الصفة إلا إذا جهل وقوعه في زمن البدعة فالطلاق وإن كان بدعيا لا إثم فيه
(وسن لفاعله) إذا لم يستوف عدد الطلاق (رجعة) لخبر ابن عمر السابق وفي
رواية فيه «مره فليراجعها ثم ليطلقها طاهرا قبل أن يمسها إن أراد» ، ويقاس
بما فيه بقية صور البدعي وسن الرجعة ينتهي بزوال زمن البدعة
Jadi, perbedaan di antara dua jenis
talak di atas bisa dilihat dengan sangat jelas. Talak sunni proses talak
yang dilakukan berdasarkan pada petunjuk yang diberikan Allah melalui
Al Qur’an dan Rasul-Nya, sedangkan talak bid’iy justru menyelisihi
petunjuk tersebut. Talak yang diucapkan atau dilafalkan sang suami
dilakukan tanpa mengikuti petunjuk dari Allah SWT.
Wallahu a’lam Bisshowaaaf.
PENGINGAT LELAKI LALAI
TANBIHUL GHOFILIN
PENGINGAT LELAKI LALAI
EDISI " RUMPUT TETANGGA LEBIH HIJAU VERSI KAMBING "
- HUKUM TAKHBIB (MENGGODA ISTRI ORANG)
Demikian halnya yg marak terjadi saat ini adalah trend selingkuh via medsos.
Berawal dari komunikasi sederhana, dilanjut dengan saling curhat, hingga tertanam cinta karena syahwat. Lebih parah lagi, ketika kejadian itu dialami oleh mereka yg telah berkeluarga.
Karena interaksi lawan jenis yg tidak halal, Alloh cabut rasa cintanya terhadap keluarganya, digantikan dengan kehadiran orang baru dalam hatinya.
Disadari maupun tidak, sejatinya itu merupakan hukuman bagi orang yg telah bisa menikmati segala yg haram, Alloh hilangkan dari dirinya untuk bisa menikmati sesuatu yg halal.
Dosa Takhbib
Diantara dosa besar yg mungkin jarang diketahui oleh kaum muslimin adalah dosa takhbib. Menjadi penyebab percerian dan kerusakan rumah tangga.
Karena kehadirannya, membuat seorang wanita menjadi benci terhadap suaminya dan meminta untuk berpisah dari suaminya.
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dalam banyak hadits, memberikan ancaman keras untuk pelanggaran semacam ini. Diantaranya,
1. Dari Abu Hurairoh rodhiyallohu ‘anhu, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَيْسَ مِنَّا مَنْ خَبَّبَ امرَأَةً عَلَى زَوجِهَا
”Bukan bagian dariku seseorang yg melakukan takhbib terhadap seorang wanita, sehingga dia melawan suaminya.” (HR. Abu Daud)
2. Juga dari Abu Hurairoh rodhiyallohu ‘anhu, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَمَنْ أَفْسَدَ امْرَأَةً عَلَى زَوْجِهَا فَلَيْسَ مِنَّا
”Siapa yg merusak hubungan seorang wanita dengan suaminya maka dia bukan bagian dariku.” (HR. Ahmad).
Dalam penjelasannya tentang bahaya cinta buta, Ibnul Qoyim menjelaskan tentang dosa takhbib,
وقد لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم من فعل ذلك ، وتبرأ منه ، وهو من أكبر الكبائر ، وإذا كان النبي صلى الله عليه وسلم قد نهى
أن يخطب الرجل على خطبة أخيه وأن يستام على سومه : فكيف بمن يسعى بالتفريق بينه وبين امرأته وأمته حتى يتصل بهما
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam telah melaknat orang yg melakukan takhbib, dan beliau berlepas diri dari pelakunya. Takhbib termasuk salah satu dosa besar.
Karena ketika Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam melarang seseorang untuk meminang wanita yg telah dilamar oleh lelaki lain, dan melarang seseorang menawar barang yg sedang ditawar orang lain, maka bagaimana lagi dengan orang yg berusaha memisahkan antara seorang suami dengan istrinya, sehingga dia bisa menjalin hubungan dengannya. (al-Jawab al-Kafi, hlm. 154).
Makna Takhbib
Dalam Syarah Sunan Abu Daud Adzim Abadi (w. 1329 H) menjelaskan, takhbib secara bahasa artinya menipu dan merusak.
Dengan menyebut-nyebut kejelekan seorang suami di hadapan istrinya atau kebaikan lelaki lain di depan wanita itu. (Aunul Ma’bud, 6/159).
Di bagian lain, beliau juga menyebutkan,
مَنْ خَبَّب زوجة امرئ أي خدعها وأفسدها أو حسن إليها الطلاق ليتزوجها أو يزوجها لغيره أو غير ذلك
‘Siapa yg melakukan takhbib terhadap istri seseorang’ maknanya adalah siapa yg menipu wanita itu, merusak keluarganya atau memotivasinya agar cerai dengan suaminya, agar dia bisa menikah dengannya atau menikah dengan lelaki lain atau cara yg lainnya. (Aunul Ma’bud, 14/52).
Ad-Dzahabi mendefinisikan takhbib,
إفساد قلب المرأة على زوجها
”Merusak hati wanita terhadap suaminya.” (al-Kabair, hal. 209).
Dalam Fatwa Islam, usaha memisahkan wanita dari suaminya, tidak hanya dalam bentuk memotivasi si wanita untuk menuntut cerai dari suaminya.
Yang juga termasuk takhbib adalah ketika seseorang memberikan perhatian, empati, menjadi teman curhat terhadap wanita yg sedang ada masalah dengan keluarganya.
وإفساد الزوجة على زوجها ليس فقط بأن تطلب منها الطلاق ، بل إن محاولة ملامسة العواطف والمشاعر ، والتسبب في تعليقها بك أعظم إفساد ، وأشنع مسعى يمكن أن يسعى به بين الناس .
”Merusak hubungan istri dengan suaminya, tidak hanya dalam bentuk memotivasi dia untuk menggugat cerai. Bahkan semata upaya memberikan empati, belas kasihan, berbagi rasa, dan segala sebab yg membuat si wanita menjadi jatuh cinta kepadamu, merupakan bentuk merusak (keluarga) yg serius, dan usaha paling licik yg mungkin bisa dilakukan seseorang.” (Fatwa Islam)
Memahami hal ini, berhati-hatilah dalam bergaul dengan lawan jenis siapapun dia.
Bisa jadi pada awalnya seseorang memiliki niat baik, niat saling menolong, niat merasa kasihan, perlu ada teman untuk berbagi rasa. Kan gak ada masalah kalo cuma jadi teman curhat, yang penting gak ada perasaan apa-apa. Kita kan niatnya baik, saling mengingatkan dan menasehati.
Saya merasa dekat dengan Alloh semenjak kenal dia, kita saling mengingatkan untuk tahajud, untuk puasa sunah, saya menjadi rajin ibadah karena nasehatnya, hatiku merasa nyaman dan tentram bersamanya, semoga dia menjadi pasanganku di surga…, dan seabreg khayalan kasmaran lainnya.
Ibnul Jauzi menukil nasehat dari Al-Hasan bin Sholeh yg mengatakan,
إن الشيطان ليفتح للعبد تسعة وتسعين بابا من الخير يريد به بابا من الشر
“Sesungguhnya setan membukan 99 pintu kebaikan, untuk menjerumuskan orang ke dalam satu pintu keburukan.” (Talbis Iblis, hlm. 51).
Waspada bagi para lelaki, jangan sampai menerima curhat wanita tentang keluarganya.
Bisa jadi ini langkah pembuka Iblis untuk semakin menjerumuskan anda.
Terkecuali jika anda seorang ulama, tokoh agama, yg berhak memberikan fatwa dengan ilmunya.
Anda bisa menjelaskan halal-haram satu masalah.
Semoga Allah, menyelamatkan kita dari bahaya besar lingkungan yg kurang memperhatikan adab pergaulan. Aamiin
WALLAHU A'LAM BISSHOWAF
=================================
WES NGUNU AE
Suket Teki-Reuni Alumni 1993 SMP N 1 Dawarblandong Mojokerto-Jawaa Timur
SUKET TEKI
Aku tak sing ngalah
Trimo mudur timbang loro ati
Tak uyako wong kowe wis lali
Ora bakal bali
Paribasan
awak urip kari balung
awak urip kari balung
Lilo tak lakoni
Jebule janjimu
jebule sumpahmu
jebule sumpahmu
Ra biso digugu
Wong salah ora gelem ngaku salah
Suwe-suwe sopo wonge sek betah
Mripatku uwis ngerti sak nyatane
Kowe selak golek menangmu dewe
Tak tandur pari jebul tukule suket teki
Reff :
Paribasan
awak urip kari balung
awak urip kari balung
Lilo tak lakoni
Jebule janjimu
jebule sumpahmu
jebule sumpahmu
Ra biso digugu
Wong salah ora gelem ngaku salah
Suwe-suwe sopo wonge sek betah
Mripatku uwis ngerti sak nyatane
Kowe selak golek menangmu dewe
Tak tandur pari jebul tukule suket teki
==============================
wes Ngunu ae
Prasasti Cinta-Reuni Alumni 1993
PRASASTI CINTA
Cintaku hanyalah padamu
Duhai kekasihku
Sayangku hanyalah untukmu
Didalam hidupku
Cintaku takkan pernah mati
Akan selalu hidup abadi
Menggetar menyentuh jiwa
Indah kata ungkapan cinta
Hoooooo......
Walau harus nyawa melayang
Demi cinta akan ku korbankan
Andaikan laut tenggelam
Cintaku padamu tak pudar
Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya
Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya
Cintaku hanyalah padamu
Duhai kekasihku
Sayangku hanyalah untukmu
Sayangku hanyalah untukmu
Didalam hidupku
Cintaku takkan pernah mati
Akan selalu hidup abadi
Menggetar menyentuh jiwa
Indah kata ungkapan cinta
Hoooooo......
Walau harus nyawa melayang
Demi cinta akan ku korbankan
Andaikan laut tenggelam
Cintaku padamu tak pudar
Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya
Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya
=========================
WES NGUNU AE
Hitam duniamu Putih Cintaku-Reuni Alumni 1993 SMP N 1 Dawarblandong Mojo...
Hitam duniamu Putih Cintaku
Di ujung utara,
Yang berlumur dosa..
Ku datang mengharap,
Sisa-sisa cinta..
Aku tak perduli,
Walau apa yang terjadi..
Hitam duniamu,
Putihnya cintaku..
Kasih..
Atas perasaan,
Yang tumbuh di hati..
Aku tak mampu,
Untuk mendustai..
Walau ku tahu,
Kau wanita penghibur..
Bagiku dirimu,
Bagai mutiara..
Walaupun berkubang,
Di dalam lumpur yang hina..
Semua takkan kusesali..
Biarlah semua mencibir,
Asalkan tuhan merestui kita..
=======================
Wes Ngunu ae
Satu Hati-Reuni Alumni 1993 SMP N 1 Dawarblandong Mojokerto-Jawa Timur
SATU HATU
Mana mana mungkin cintamu suci tak ternoda
sedangkan 'ku tahu dirimu kini milik orang
Percayalah kau kepadaku itu bukan cintaku
namun karena terpaksa kehendak orang tua
Lama lama kita rindukan pertemuan ini
walau hidup kita terpisah hati kita satu
Cintaku cuma satu cintaku hanya kamu
tak mungkin berubah walau di akhir masa
Sayangku cuma satu sayangku hanya kamu
tak mungkin tergoyah walau sampai akhir hayatku
Betapa bahagianya kasih
cintamu sayangmu suci abadi
===============================
Wes ngunu ae
Kerinduan-Reuni SMP N 1 Dawarblandong Mojokerto-Jawa Timur
KERINDUAN
Betapa hati rindu pada dirimu
segeralah kembali pada diriku
duhai kekasihku
aku sudah rindu
lincah manja sikapmu
aku sangat rindu
kasih sayang darimu
semoga kita dapat bertemu lagi
seperti dahulu
gelisah hati gelisah
sejak kepergianmu
tak sabar hati tak sabar
menanti kedatanganmu
ku coba menantimu walau gelisah
ku kan selalu menanti
dengarkanlah kasihku dengarlah sayang
ku ingin kau kembali
semoga kita dapat bertemu lagi
seperti dahulu
supaya kita dapat bercinta lagi
seperti dahulu
aku sudah rindu
lincah manja sikapmu
aku sangat rindu
kasih sayang darimu
semoga kita dapat bertemu lagi
seperti dahulu
supaya kita dapat bercinta lagi
seperti dahulu
===========================
Lagune bang haji Rhoma irama
emang juoosssh pokoke
========================
Wes ngunu ae
Tum Hi Ho-Reuni Alumni 1993 SMP N 1 Dawarblandong-Mojokerto Jawa timur
Tum Hi Ho
Aku tanpamu kini tak dapat hidup
tanpamu apalah artinya keberadaanku
Jika aku terpisah darimu
maka aku juga akan terpisah dari diriku
Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang
Bagaimana hubungan kita ini
aku tidak bisa jauh darimu walaupun untuk sesaat
untukmu setiap hari aku bertahan hidup
semua waktuku hanya untukmu
Tiada sedikitpun waktuku tanpa kehadiranmu
namamu ada di setiap hembusan nafasku
Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang
Hanya dirimu-hanya dirimu
Hidupku hanya untukmu
aku telah memberikan hidupku untukmu
kesetiaanmulah yang telah menjagaku
menghapus seluruh duka dari dalam hatiku
bersamamu nasibku terjalin
setelah mendapatkanmu hidupku sempurna
Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang
Romantis kaaaaaaannn.......
=========================
wes ngunu ae
⇒⇒⇒⇒⇒⇒⇒
Langganan:
Postingan (Atom)