Prasasti Cinta-Reuni Alumni 1993





PRASASTI CINTA
Cintaku hanyalah padamu
Duhai kekasihku
Sayangku hanyalah untukmu
Didalam hidupku
Cintaku takkan pernah mati
Akan selalu hidup abadi
Menggetar menyentuh jiwa
Indah kata ungkapan cinta
Hoooooo......
Walau harus nyawa melayang
Demi cinta akan ku korbankan
Andaikan laut tenggelam
Cintaku padamu tak pudar
Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya

Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya
Cintaku hanyalah padamu
Duhai kekasihku

Sayangku hanyalah untukmu
Didalam hidupku
Cintaku takkan pernah mati
Akan selalu hidup abadi

Menggetar menyentuh jiwa
Indah kata ungkapan cinta

Hoooooo......
Walau harus nyawa melayang
Demi cinta akan ku korbankan
Andaikan laut tenggelam
Cintaku padamu tak pudar
Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya

Semoga saja cinta kita suci abadi
Tak terpisah untuk selamanya
=========================
WES NGUNU AE

Hitam duniamu Putih Cintaku-Reuni Alumni 1993 SMP N 1 Dawarblandong Mojo...







Hitam duniamu Putih Cintaku

Di ujung utara, 
Yang berlumur dosa.. 
Ku datang mengharap, 
Sisa-sisa cinta.. 

Aku tak perduli, 
Walau apa yang terjadi.. 
Hitam duniamu, 
Putihnya cintaku.. 
Kasih.. 

Atas perasaan, 
Yang tumbuh di hati.. 
Aku tak mampu, 
Untuk mendustai.. 
Walau ku tahu, 
Kau wanita penghibur.. 

Bagiku dirimu, 
Bagai mutiara.. 
Walaupun berkubang, 
Di dalam lumpur yang hina.. 
Semua takkan kusesali.. 

Biarlah semua mencibir, 
Asalkan tuhan merestui kita.. 
=======================
Wes Ngunu ae

Satu Hati-Reuni Alumni 1993 SMP N 1 Dawarblandong Mojokerto-Jawa Timur





SATU HATU



Mana mana mungkin cintamu suci tak ternoda

sedangkan 'ku tahu dirimu kini milik orang



Percayalah kau kepadaku itu bukan cintaku
namun karena terpaksa kehendak orang tua



Lama lama kita rindukan pertemuan ini
walau hidup kita terpisah hati kita satu



Cintaku cuma satu cintaku hanya kamu
tak mungkin berubah walau di akhir masa



Sayangku cuma satu sayangku hanya kamu
tak mungkin tergoyah walau sampai akhir hayatku



Betapa bahagianya kasih
cintamu sayangmu suci abadi



===============================
Wes ngunu ae

Kerinduan-Reuni SMP N 1 Dawarblandong Mojokerto-Jawa Timur


KERINDUAN

Betapa hati rindu pada dirimu
segeralah kembali pada diriku
duhai kekasihku

aku sudah rindu
lincah manja sikapmu
aku sangat rindu
kasih sayang darimu

semoga kita dapat bertemu lagi
seperti dahulu


gelisah hati gelisah
sejak kepergianmu

tak sabar hati tak sabar
menanti kedatanganmu

ku coba menantimu walau gelisah
ku kan selalu menanti

dengarkanlah kasihku dengarlah sayang
ku ingin kau kembali

semoga kita dapat bertemu lagi
seperti dahulu

supaya kita dapat bercinta lagi
seperti dahulu

aku sudah rindu
lincah manja sikapmu

aku sangat rindu
kasih sayang darimu

semoga kita dapat bertemu lagi
seperti dahulu

supaya kita dapat bercinta lagi
seperti dahulu
===========================

Lagune bang haji Rhoma irama 
emang juoosssh pokoke
========================
Wes ngunu ae

FOTO REUNI SMP N I DAWARBLANDONG MOJOKERTO-JAWA TIMUR TAHUN 2017









































Tum Hi Ho-Reuni Alumni 1993 SMP N 1 Dawarblandong-Mojokerto Jawa timur



Tum Hi Ho


Aku tanpamu kini tak dapat hidup
tanpamu apalah artinya keberadaanku

Jika aku terpisah darimu
maka aku juga akan terpisah dari diriku



Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang




Bagaimana hubungan kita ini
aku tidak bisa jauh darimu walaupun untuk sesaat
untukmu setiap hari aku bertahan hidup
semua waktuku hanya untukmu
Tiada sedikitpun waktuku tanpa kehadiranmu
namamu ada di setiap hembusan nafasku




Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang


Hanya dirimu-hanya dirimu
Hidupku hanya untukmu

aku telah memberikan hidupku untukmu
kesetiaanmulah yang telah menjagaku
menghapus seluruh duka dari dalam hatiku
bersamamu nasibku terjalin
setelah mendapatkanmu hidupku sempurna




Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang


Romantis kaaaaaaannn.......
=========================
wes ngunu ae
⇒⇒⇒⇒⇒⇒⇒

Reuni Alumni 1993 SMP N I Dawarblandong Mojokerto-Jawa Timur (Video 3)

Reuni Alumni 1993 SMP N I Dawarblandong Mojokerto-Jawa Timur (Video 2)

Hukum kambing menyusu anjing



Menurut qaul Ashoh,
apabila ada anak
kambing menyusu
kepada anjing atau babi
kemudian kambing
tersebut menjadi
tumbuh besar dan
gemuk, maka
hukumnya tetap suci.

٤١ﻛﺎﺷﻔﺔ ﺍﻟﺴﺠﺎ
 ﻟﻮ ﺍﺭﺗﻀﻊ ﺟﺪﻯ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﻣﻦ
ﺍﻭﻻﺩ ﺍﻟﻤﻌﺰ ﻛﻠﺒﺔ ﺍﻭ ﺧﻨﺰﻳﺮﺓ ﻓﻨﺒﺖ
ﻟﺤﻤﻪ ﻋﻠﻰ ﻟﺒﻨﻬﺎ ﺍﻯ ﺗﺮﺑﻰ ﻭ ﺳﻤﻦ
ﻣﻨﻪ ﻟﻢ ﻳﻨﺠﺲ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﺻﺢ

Kambing yang
menyusu pada anjing
hukumnya halal tapi
makruh bila berubah /
ada bekas najis di salah
satu : rasa, warna dan
baunya bila tidak ada
bekas najis di salah
satu di atas maka tidak
makruh. :

.ﻭﺇﺫﺍ ﻇﻬﺮ ﺗﻐﻴﺮ ﻟﺤﻢ ﺟﻼﻟﺔ ﺃﻯ
ﻃﻌﻤﻪ ﺃﻭ ﻟﻮﻧﻪ ﺃﻭ ﺭﻳﺤﻪ ﻛﻤﺎ ﺫﻛﺮﻩ
ﺍﻟﺠﻮﻳﻨﻲ ﻭﺍﻋﺘﻤﺪﻩ ﺟﻤﻊ ﻣﺘﺄﺧﺮﻭﻥ
ﻭﻣﻦ ﺍﻗﺘﺼﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺧﻴﺮ ﺃﺭﺍﺩ
ﺍﻟﻐﺎﻟﺐ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﻈﻬﺮ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻓﻼ
ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﻻ ﺗﺄﻛﻞ ﺇﻻ
ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻭﺍﻟﺴﺨﻠﺔ ﺍﻟﻤﺮﺑﺎﺓ ﺑﻠﺒﻦ
ﻛﻠﺒﺔ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻫﺎ ﻛﺎﻟﺠﻼﻟﺔ ﻓﻴﻤﺎ
٢/٣٥١ﺫﻛﺮ. ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ

 -ﻭﻋﻨﺪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﺗﻔﺼﻴﻞ ﺑﻨﺎء ﻋﻠﻰ
ﺍﺧﺘﻼﻓﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻼﻟﺔ ﻓﻤﻨﻬﻢ ﻣﻦ
ﻗﺎﻝ : ﺍﻟﺠﻼﻟﺔ ﻫﻲ ﺍﻟﺘﻲ ﻏﺎﻟﺐ
ﻋﻠﻔﻬﺎ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ، ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ :
ﻻ ﺍﻋﺘﺒﺎﺭ ﺑﺎﻟﻌﻠﻒ ، ﺑﻞ ﺍﻻﻋﺘﺒﺎﺭ
ﺑﻈﻬﻮﺭ ﻧﺘﻦ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻓﻲ ﻋﺮﻗﻬﺎ
ﻭﻟﺤﻤﻬﺎ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻣﺎ ﺭﺟﺤﻪ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ
ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﻭﺑﻨﺎء ﻋﻠﻴﻪ ﻓﺎﻟﺮﺍﺟﺢ
ﻋﻨﺪﻫﻢ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻟﺤﻤﻬﺎ ﻛﺮﺍﻫﺔ
ﺗﻨﺰﻳﻬﻴﺔ ، ﻓﺈﻥ ﺣﺒﺴﺖ ﺑﻌﺪ ﻇﻬﻮﺭ
ﺍﻟﻨﺘﻦ ﻭﻋﻠﻔﺖ ﺷﻴﺌﺎ ﻃﺎﻫﺮﺍ ،
ﻓﺰﺍﻟﺖ ﺍﻟﺮﺍﺋﺤﺔ ﺯﺍﻟﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ
ﻓﻲ ﺍﻟﻠﺤﻢ ، ﻭﺍﻟﻠﺒﻦ ، ﻭﺍﻟﺒﻴﺾ ،
ﻭﺍﻟﻌﺮﻕ ) ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻟﻠﻨﻮﻭﻱ

Halal. Tapi Makruh jika
memang terdapat
bekas bau Najis anjing
pada kambing..
Sulamul Munajat pada
Halaman 7 karangan
Kiayi Nawawi Banten
sebagai berikut :

ﻭﺍﻟﻜﻠﺐ ﻭﻟﻮ ﻣﻌﻠﻤﺎ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ
ﻭﻓﺮﻉ ﺃﺣﺪ ﻫﻤﺎ ﻧﺴﺒﺎ ﻻ ﺭﺿﺎﻋﺎ

Ada tambahan ilmu dari
ibarot agan Amar Dor
juga menyinggung
"Jilalah" yaitu hewan
ato ikan yg di kasih
pakan najis/kotoran
manusia, makruh...
kayak ikan lele di
empang sprt biasanya,
nah agar tidak makruh
sebaiknya sebelum di
konsumsi, ikan lele
trsebut di ambil dulu
dan di taruh
kolamsmpai bau
kotoran empangnya
ilang.

> Abdur Rahman Assyafi'i

Menurut qaul Ashoh, apabila ada anak kambing menyusu kepada anjing atau babi kemudian kambing tersebut menjadi tumbuh besar dan gemuk, maka hukumnya tetap suci.



كاشفة السجا ٤١

لو ارتضع جدى وهو الذكر من اولاد المعز كلبة او خنزيرة فنبت لحمه على لبنها اى تربى و سمن منه لم ينجس على الاصح



> Ghufron Bkl

Kambing yang menyusu pada anjing hukumnya halal tapi makruh bila berubah / ada bekas najis di salah satu : rasa, warna dan baunya bila tidak ada bekas najis di salah satu di atas maka tidak makruh. :



.وإذا ظهر تغير لحم جلالة أى طعمه أو لونه أو ريحه كما ذكره الجويني واعتمده جمع متأخرون ومن اقتصر على الأخير أراد الغالب فإن لم يظهر ما ذكر فلا كراهة وإن كانت لا تأكل إلا النجاسة والسخلة المرباة بلبن كلبة أو نحوها كالجلالة فيما ذكر. إعانة الطالبين ٢/٣٥١



> Amar Dor



-وعند الشافعية تفصيل بناء على اختلافهم في الجلالة فمنهم من قال : الجلالة هي التي غالب علفها النجاسة ، ومنهم من قال : لا اعتبار بالعلف ، بل الاعتبار بظهور نتن النجاسة في عرقها ولحمها ، وهذا ما رجحه النووي وغيره، وبناء عليه فالراجح عندهم كراهة لحمها كراهة تنزيهية ، فإن حبست بعد ظهور النتن وعلفت شيئا طاهراً ، فزالت الرائحة زالت الكراهة في اللحم ، واللبن ، والبيض ، والعرق ( المجموع للنووي



Halal. Tapi Makruh jika memang terdapat bekas bau Najis anjing pada kambing..

Sulamul Munajat pada Halaman 7 karangan Kiayi Nawawi Banten sebagai berikut :



والكلب ولو معلما والخنزير وفرع أحد هما نسبا لارضاعا

Wallahu A'lam bisshowaf

Zakat fitrah


♻ *NIAT ZAKAT*♻

🍏 *Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri*
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍَﻥْ ﺍُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻰْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

🍏 *Niat Zakat Fitrah untuk Istri*
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

🍏 *Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki*
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

🍏 *Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan*
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

🍏 *Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga*
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻨِّﻰْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُﻨِﻰْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

🍏 *Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan*
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ..…) ) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

🍏 *Bacaan Do'a Ketika Menerima Zakat*
ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

🍀 *"WAKTU MENGELUARKAN ZAKAT "* 🍀

*Waktu pelaksanaan mengeluarkan zakat fitrah terbagi menjadi 5 kelompok :*

✅ 1. *Waktu wajib*. Yaitu, ketika menemui bulan Ramadhan dan menemui sebagian awalnya bulan Syawwal. Oleh sebab itu orang yang meninggal setelah maghribnya malam 1 Syawwal, wajib dizakati.
Sedangkan bayi yang lahir setelah maghribnya malam  1 Syawwal tidak wajib dizakati.

✅ 2. *Waktu Jawaz*. Yaitu, sejak awalnya bulan Ramadhan sampai memasuki waktu wajib.

✅ 3. *Waktu Fadhilah*. Yaitu, setelah terbit fajar dan sebelum sholat hari raya.

✅ 4. *Waktu makruh*. Yaitu, setelah sholat hari raya sampai menjelang tenggelamnya matahari pada tanggal 1 Syawwal kecuali jika ada udzur seperti menanti kerabat atau orang yang lebih membutuhkan, maka hukumnya tidak makruh.

✅ 5. *Waktu haram*. Yaitu, setelah tenggelamnya matahari tanggal 1 Syawwal kecuali jika ada udzur seperti hartanya tidak ada di tempat tersebut atau menunggu orang yang berhak menerima zakat, maka hukumnya tidak haram.

Wallahu A'lam Bisshowaaaf

Langit Mendung Kutho Ngawi Reuni SMP N I Dawarblandong Mojokerto





Wes pokoke reuni reeeek

Koncoan sak mblenek'ke

Seduluran sak lawase

Waktu mengeluarkan Zakat Fitrah


Mudzakarah Perihal Hukum Waktu Mengeluarkan zakat Fitrah

 يجوز من أول شهر رمضان
1.Jawaz ( boleh )
mulai dari awal bulan romadhon

 تجب بغروب الشمس من آخر يوم من أيام رمضان
2.Wajib
semenjak terbenam nya matahari pd hari akhir bulan romadhon

أما وقت الإخراج فهو قبل صلاة العيد
عن ابن عمر رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم أمر بزكاة الفطر قبل خروج الناس إلى الصلاة
3.Sunnah
Sebelum sholat hari raya

يكره اخراج زكاة الفطر بعد صلاة العيد حتى تغرب الشمس
4.Makruh
stlh sholat id hingga terbenam matahari

يحرم اخراجها بعد غروب الشمس  في شهر الشوال الاولى
5.Haram
stlh terbenam matahari pd tgl satu syawwal

فمن أخرها عن ذلك الوقت لغير عذر شرعي فقد خالف أمره صلى الله عليه وسلم أما إذا كان التأخير لعذر مثل: تعذر وجود مستحق أو التحقق منه، أو عدم وجود من ترسل معه فنرجو ألا يكون فيه إثم

Barangsiapa yg mengakhirkan pembayaran zakat fitrah dgn tanpa udzur syar'i.maka ia telah melanggar perintah Rasulullah.adapun jika mengakhirkannya sebab udzur spt tdk ada nya mustahik dan org yg berhak menerimanya.atau tdk wujudnya seorang amil yg mengurus pembagian hartanya.mk ia tdk berdosa

NB :
- utk ukuran zakat fithrah menurut mazhab syafii adalah 4 mud = 2,8 kg makanan pokok di setiap daerah masing masing
- mengeluarkan zakat fitrah dlm bentuk uang hukumnya tdk sah dlm mazhab syafii .sdgkan mazhab hanafi membolehkannya

WALLAHU A'LAM

Syari'at dan tasyawuf


Mari sama-sama kita resapi Maqolah Imam Maliki dibawah ini

من تفقه ولم يتصوف فقد تفسق ومن تصوف ولم يتفقه فقد تزندق
brgsiapa yg mengamalkan fiqih ( bersyariat) dan tdk mengamalkan tasawwuf.maka sungguh ia telah fasik.
brgsiapa yg mengamalkan tasawwuf,dan tdk mengamalkan fiqih ( tdk bersyariat ) maka sungguh ia telah zindiq.

seseorang yg paham ilmu fiqih tapi ia mengabaikan tasawwuf ( ilmu bathin / hati ),maka ia telah fasik.sebab pd umumnya mrk hanya memperbaiki praktek ibadah scr lahiriyah dan tdk memperhatikan bathiniyah nya.sholat yg mrk lakukan sudah sesuai dgn syariat dan ajaran mazhab.namun hati mrk masih lalai,tdk khusuk,dan fokus nya tdk tertuju kpd Allah .mk bg-mana sholatnya akan diterima ,sdgkan kualitas sholatnya tdk memenuhi kriteria dan standard yg dikehendaki Allah.

Masuk pula dlm hal ini,seseorang yg suka mencari keringanan" dlm hukum fiqih.qoul mu'tamad mrk hindari dan mrk cari cari dan amalkan khilaful asoh dan khilaful mu'tamad.apa yg mrk lakukan bukanlah mcr kebenaran namun mcr pembenaran.hal spt ini banyak tjd di kalangan para tholabul ilmi zaman skrng.belajar ilmu fiqih demi mcr keringanan hukum tdk lah dikehendaki dlm ibadah.kecuali memang krn terdesak,hajat,atau dharurat.

saya prnh menemukan kutipan maqolah dlm buku cetakan LIRBOYO .:
menurut imam ibnu hajar,seseorang yg sengaja mencari keringanan-keringanan dlm hukum syariat utk ia amalkan,maka ia telah fasik dan berdosa.menurut imam Romli,ia hanya dihukumi berdosa dan tdk sampai kpd derajat kefasikan.

sebaliknya,seseorang yg bertasawwuf tapi amalannya tdk sesuai dgn apa yg syariat tetapkan,maka ia telah zindiq.hari demi hari sibuk ia isi dgn berkholwat dan ibadah kpd Allah,tapi amalannya tdk sesuai hukum.lalu apa yg ia dapatkan kecuali kesia-siaan saja ?

yg lebih parahnya lagi,sy prnh mendengar pendapat org yg menafsirkan ayat dibawah ini
 وأقم الصلاة لذكري
dan dirikanlah sholat utk mengingatku

menurut mrk,dgn mengingat Allah maka sudah dihitung sholat,mskipun scr lahiriyah ia tdk mempraktekannya.pendapat spt ini jelas sesat.pdhl yg dimaksud ayat diatas,kita mengerjakan sholat scr lahiriyah,sembari kita hadirkan sifat khusu dan ihsan dlm sholat.sehingga ibadah yg kita lakukan mjd ibadah yg berkualitas disisi Allah ..

WALLAHU A'LAM

Mencari teman/berteman


Ulama mengatakan :

صحبة الأشرار تورث سوء الظن بالأخيار وصحبة الأخيارتورث حسن الظن بالأشرار
Berteman dgn org" buruk,mewariskan sifat suudzhon kpd org" baik.
berteman dgn org" baik,mewariskan sifat husnudzhon kpd org" buruk.

Syaikh  ممشاد الدينوري berkata :
صحبة أهل الصلاح تورث في القلب الصلاح وصحبة أهل الفساد تورث فيه الفساد
berteman dgn orang sholeh,mewariskan kesholehan dlm hati.
berteman dgn org fasik,mewariskan kefasikan dlm hati.

Namun,gibah atau menyebut kesesatan org fasik dan ahli bid'ah spt kaum liberal,plural,syiah,khawarij,wahabi,dll diperbolehkan.bahkan diberi ganjaran.tujuannya agar masyarakat tdk terpengaruh dan termakan dgn fatwa fatwa sesat mrk. sbgmana ibaroh yg tercantum dlm kitab tanbihul ghofilin
والرابِع أن يغتاب فاسقا معلنا بفسقه أو صاحب بدعة فهو مأجور لأَنهم يحذرون منه إِذا عرفوا حَالَه
yg keempat.ia menggunjing orang fasik yg terang"an dgn kefasikannya atau ahli bid'ah.mk ia diberi ganjaran karena sesungguhnya mrk khawatir/mmperingatkan darinya tatkala ia mengetahui keadaan si fasik dan ahli bid'ah tsb.

Maroji'
al-Thabaqat al-Kubra juz 1 hlm 73.
Shifatus shofwah juz 2 Hal 283 Maktabah Syamilah
Tanbihul Ghofilin Karya Syaikh Abu Laist As-samarqandi HAL 167-168 Maktabah AL-Barokah

Wallahu A'lam Bisshowaaf

Banner SMP N I Dawarblandong Mojokerto


Pembuatan Banner

Banner Panggung acara Reuni ke I Alumni Smp N I Dawarblandong Mojokerto Jawa Timur
lulusan tahun 1993.
di tahun ini 2017 akan dilaksanakan acara reuni, yang sudah 24 tahun para alumni tidak bersuah.
Insya Allah tahun ini akan sukses
semoga tahun tahun berikutnya berjalan lancar
Amiiiin...............

SHOLAT SIANG HARI BACAAN AL-FATIHAH DIBACA PELAN/SIRRI

SHOLAT SIANG HARI BACAAN AL-FATIHAH DIBACA PELAN/SIRRI
===========================================

Dialog Ala santri Groub facebook.
------------------------------------------------
✔️ Syamsul Arifin
kang mau tanya....
pada sholat fardhu ketika kita menjadi imam kenapa saat sholat dzuhur asar bacaan harus di sirikan. sedangkan maggrib isya' dan subuh harus di keraskan....?
mohon berbagi ilmu....
Jawaban :
👉 Lukman Chaqim
Kl di jawab "ikut tuntunan nabi" kira2 bener apa tidak?hehehe
👉 Ziadhatul Khoir
Karna di zaman rosulullah dlu klo mgeraskn suara di wktu siang takut ada musuh yg akn lagsung mxerang di wktu sholat,low malam mgeraskn suara tdk apa2 krna tdk di khawatirkn ada musuh,,, itu mnurut q yg q tau,,,
👉 Syamsul Arifin
maaf kang lukman. saya pernah baca suatu hadits yg d rwayatkan imama bukhori. insyaallah ngeten artine.
nabi muhammad saw pernah membaca umul quran dan sebuah surat dari al quran pada 2 rokaat pertama dari sholat dzuhur dan asar dan sesekali beliau. memperlama sholat pada rokat pertama. .
bagai mana kang.
👉 Syamsul Arifin koir
kan zaman sekarang udah aman. kenapa k' tidak di keraskan saja bacaanya... maaf kalo banyak membantah karna saya ingin tu beneran hal ini.
👉 Lukman Chaqim
Hukumnya sunnah, bahkan disyari'atkan meskipun sholat sendirian...
Karena ada riwayat lain juga menyebutkan sejarahnya seperti diutarakan oleh Ziadhatul Khoir..
Jadi kl sudah aman seperti sekarang ini kondisinya, berarti harus menilik ulang tentang ke shohihan hadits tersebut... mana yg lebih disunnahkan untuk dijalankan. 3 wktu saja atau 5 wktu sekalian?
👉 Syamsul Arifin
kalo kang lukman tau kitab nya tentang masalah yg saya tanyakan tolng kasih tau kang. nanti biyar ku cari di toko kitab.
👉 Lukman Chaqim
Majmu' Fatawa wa Rasail Syeikh Bin Baz .. kitab ini ada.. kitab mushonnaf karya abdul rozak..
Atau tafsir al ak qur'an, masalh ini ada pada surat Al-Isro' ayat 110 (coba di cek qur'annya, mungkin saya salah ngasi ayatnya)hehehe
👉 Vix'an All Dizta
smua it udah ad di kitab fikih
jdi klau di kitab2 fikih udah di jlaskan seprti itu brarti itu sudah ad sjak zman nbi besar muhammad saw. dn jika nabimu itu muhammad mka lbih baik kita nurut saja sma tuntunanny. dn yg brda di ktab fikih it smua hkum2 islm yg bnar...
👉 Taufieq Renkz Phur Bellienz
klau ciank takut ma orank kafir mk.a di plankan klau mlm orank kafir tidur jd di kraskan
👉 Taufieq Renkz Phur Bellienz
tpi knpa klau sholat jum.at ttp di kraskan
👉 Hasan Efendi
(قوله الصبح)إنما طلب الجهر فيها مع أن الكفار كانوا حين سماعهم القرآن في صلاة النبي صلى الله عليه و سلم يسبون من أنزله و من أنزل عليه كما مر لأنهم يكونون في هذه الوقت نائمين و لذلك طلب الجهر في العشاء أيضا و في نهارية مقضية ليلا أو وقت صبح و أما المغرب فطلب الجهر فيه لأنهم كانوا يشتغلون في وقته بالعشاء و أما الجمعة و العيد فلأنه صلى الله عليه و سلم أقامهما بالمدينة و لم يكن للكفار فيها قوة و لما كانوا مستعدين للإيذاء في وقتي الظهر و العصر طلب الإسرار فيهما بل و في الليلة المقضية نهارا و هذا السبب و إن زال لكن الحكم المترتب عليه باق لأنه الحكمة المشروعية و الحكمة لا يلزم دوامها ~ الباجوري ١/١٧٤ Disunnahkan melirihkan bacaan ketika shalat dhuhur dan ashar karena pada zaman nabi saw, di waktu itulah kafir qurais menyakiti nabi dan shabatnya, dan akan mencaci Allah dan rasulNya ketika mereka mendengar bacaan Al-Qur'an. Sdg dalam shalat subuh dan isya' disunnahkan mengeraskan bacaan karena pada waktu itu kafir qurais sedang berisitirahat, dan di waktu maghrib mereka sibuk dengan makan malam mereka, Dalm shalat jum'at dan id juga disunnahkan mengeraskan bacaan karena kedua shalat ini disyariatkan ketika keadaan sudah aman yaitu ketika nabi saw sudah hijrah
WALLAHU A'LAM BISSHOWAAAF.
=================================
 ✔️ mungkin ini bs mmbantu,,
hikmahnya magrib dan isya' di dikeraskan krn untuk mncari klezatan munajatnya hamba pd TUHANnya klo dzuhur ashar di pelankan krn siang wktu kesibukan dan bercampurnya para manusia krn tidak pantas untuk mngheningkan diri pd munajatnya,,sedangkan shubuh disamakn sholat malam {magrib dan isya'} krn bukan waktu kesibukan.

قوله يسن الجهر ) أي ولو خاف الرياء قال ع ش والحكمة في الجهر في موضعه أنه لما كان الليل محل الخلوة ويطيب فيه السمر شرع الجهر فيه طلبا للذة مناجاة العبد لربه وخص بالأوليين لنشاط المصلي فيهما والنهار لما كان محل الشواغل والاختلاط بالناس طلب فيه الإسرار لعدم صلاحيته للتفرغ للمناجاة وألحق الصبح بالصلاة الليلية لأن وقته ليس محلا للشواغل
 ================================
 ✔️ HIKMAH BACAAN KERAS DAN PELAN DIWAKTU-WAKTU SHALAT

حِكْمَةُ الْجَهْرِ فِي مَوْضِعِهِ وَالْإِسْرَارُ فِي مَوْضِعِهِ أَنَّهُ لَمَّا كَانَ اللَّيْلُ مَحَلَّ الْخَلْوَةِ وَيَطِيبُ فِيهِ السَّمَرُ شُرِعَ الْجَهْرُ فِيهِ إظْهَارًا لِلَّذَّةِ مُنَاجَاةِ الْعَبْدِ لِرَبِّهِ وَخُصَّ بِالْأُولَيَيْنِ لِنَشَاطِ الْمُصَلِّي فِيهِمَا وَالنَّهَارُ لَمَّا كَانَ مَحَلَّ الشَّوَاغِلِ وَالِاخْتِلَاطِ بِالنَّاسِ طُلِبَ الْإِسْرَارُ لِعَدَمِ صَلَاحِيَتِهِ لِلتَّفَرُّغِ لِلْمُنَاجَاةِ وَأَلْحَقَ الصُّبْحَ بِالصَّلَاةِ اللَّيْلِيَّةِ ؛ لِأَنَّ وَقْتَهُ لَيْسَ مَحَلًّا لِلشَّوَاغِلِ عَادَةً ا هـ ع ش عَلَى م ر .

Hikmah membaca keras dan pelan pada waktu shalat yaitu waktu malam adalah waktu menyendiri, waktu yang tepat untuk bercakap-cakap karenanya syariat menetapkan bacaan keras saat shalat diwaktu tersebut untuk menampakkan nikmatnya munajat seorang hamba dihadapan Tuhannya. Dan diperlakukan pada shalat maghrib serta Isya’ karena terdapat kesemangatan orang yang menjalani shalat pada waktu keduanya.Sedang waktu siang adalah waktu bekerja dan bercampur dengan orang banyak, disyaritakan membaca dengan pelan karena disiang hari tidak layak untuk menuangkan munajat pada Allah.Dan waktu shalat shubuh disamakan dengan shalat malam (maghrib serta Isya’) karena pada umumnya diwaktu inipun orang belum tersibukkan dengan aneka pekerjaan.
Hasyiyah al-Jamal III/326

والحكمة في طلب الجهر في صلاة الليل والإسرار في صلاة النهار أن صلاة الليل تقع في الأوقات المظلمة فينبه القارئ بجهره المارة، وللأمن من لغو الكافر عند سماع القرآن لاشتغاله غالبًا في الليل بالنوم أو غيره بخلاف النهار، وإنما طلب الجهر في الجمعة والعيدين لحضور أهل البوادي والقرى فأمر القارئ بالجهر ليسمعوه فيحصل لهم الاتعاظ بسماعه.

Hikmah diperlakukannya mengeraskan bacaan dishalat malam (maghrib, isya’ dan shubuh) serta diperlakukannya melirihkan bacaan dishlat waktu siang (dhuhur dan ashar) adalah sesungguhnya shalat malam terjadi disaan waktu-waktu gelap maka dengan suara kerasnya orang yang membaca al-Quran diharapkan dapat mengingatkan orang-orang yang lewat disamping waktu malam adalah waktu yang aman dari kesia-siaan orang kafir saat mendengar bacaan al-Quran sebab mereka pada umumnya sedang beristirahat atau sibuk dengan hal lainnya berbeda dengan waktu siang hari.Dan diperlakukan mengeraskan bacaan dishalat jumah dan hari raya karena kehadiran orang-orang pedalaman, pedesaan untuk menjalankan shalat berjamah maka diperintahkan mengeraskan bacaan agar mereka dapat mengambil wejangan saat mendengar bacaan al-Quran.
Al-Fawakih ad-Dawaany I/505
=====================================
 ✔️ Hikmahnya bacaan sholat pada malam hari (magrib, isya, subuh) disariatkan dibaca keras, karena malam adalah waktu sepi, sebagai penampakan kenikmatan munajat hamba pada Robbnya. sebaliknya bacaan siang dipelankan, karena siang adalah waktu sibuk antar manusia, sehingga dipelankan karena waktu ini tidak sesuai pada kefokusan munajat.

:حِكْمَةُ الْجَهْرِ فِي مَوْضِعِهِ وَالْإِسْرَارُ فِي مَوْضِعِهِ أَنَّهُ لَمَّا كَانَ اللَّيْلُ مَحَلَّ الْخَلْوَةِ وَيَطِيبُ فِيهِ السَّمَرُ شُرِعَ الْجَهْرُ فِيهِ إظْهَارًا لِلَّذَّةِ مُنَاجَاةِ الْعَبْدِ لِرَبِّهِ وَخُصَّ بِالْأُولَيَيْنِ لِنَشَاطِ الْمُصَلِّي فِيهِمَا وَالنَّهَارُ لَمَّا كَانَ مَحَلَّ الشَّوَاغِلِ وَالِاخْتِلَاطِ بِالنَّاسِ طُلِبَ الْإِسْرَارُ لِعَدَمِ صَلَاحِيَتِهِ لِلتَّفَرُّغِ لِلْمُنَاجَاةِ وَأَلْحَقَ الصُّبْحَ بِالصَّلَاةِ اللَّيْلِيَّةِ؛ لِأَنَّ وَقْتَهُ لَيْسَ مَحَلًّا لِلشَّوَاغِلِ عَادَةً اهـ ع ش عَلَى م ر.
(Hasyiyah Al-Jamal
======================================
 👉 Wallahu A'lamu Bis showaab.